Berikut Ini Cara Memilih Susu Yang Tepat Untuk Bayi

Dengan mengkonsumsi susu setiap hari, tentunya bisa membantu badan anda supaya tetap sehat dan bugar. Begitupun dengan si kecil, yang juga membutuhkan supan gizi yang cukup setiap harinya. Untuk memenuhi asupan gizi bagi si kecil tersebut, anda bisa memberikan susu formula bayi  bagi si kecil. Namun, sebelum anda membeli susu bagi si kecil, alangkah baiknya jika mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis susu bayi dan tips memilih susu bayi yang benar.

Berikut dibawah ini jenis-jenis susu formula untuk bayi diantaranya yaitu : 

Susu Formula Dari Susu Sapi

Seperti yang diketahui bahwa sebagian besar susu formula berasal dari bahan susu sapi. Dimana, biasanya susu formula ini mengandung karbohidrat, protein, dan lemak dalam keseimbangan yang tepat. Selain itu, protein dalam dalam susu formula ini sudah mengalami perubahan sehingga bisa membuatnya lebih mudah dicerna. Berbeda dengan susu sapi biasa yang mengandung protein yang lebih susah untuk dicerna oleh bayi. 

Susu Formula Dari Susu Kedelai

Sesuai dengan namanya, susu formula jenis ini terbuat dari bahan kedelai. Biasanya, susu formula bayi kedelai ini diperuntukkan bagi bayi yang mengalami intoleransi laktosa, sementara karena infeksi gastrointestinal, alergi susu sapi yang berkaitan dengan immunoglobulin E (IgE), galaktosemia, serta kekurangan laktase bawaan.

Susu Formula Bebas Laktosa

Perlu diketahui bahwa susu formula ini tidak mengandung laktosa (gula yang terkandung dalam susu). Sehingga kandungan gula pada susu formula ini biasanya diganti dengan jenis gula lain, misalnya sirup jagung. Selain itu, susu formula ini juga sangat cocok untuk anak yang mengalami intoleransi laktosa atau bagi anak yang tidak bisa mencerna laktosa.

Susu Formula Hidrolisat Parsial / Susu Hipoalergenik (HA)

Susu formula jenis ini mengandung protein yang sudah dipecah menjadi bentuk lebih kecil (terhidrolisis) sehingga menjadi lebih mudah dicerba oleh bayi. Biasanya, bayi yang membutuhkan susu formula jenis ini adalah bayi prematur yang memiliki alergi protein susu atau yang mengalami masalah penyerapan nutrisi.

Dalam memilih susu formula untuk bayi, maka sebaiknya anda tidak asal-asalan dalam memilihnya. Namun, pilihlah susu formula yang mengandung kandungan nutrisi yang baik untuk bayi anda. Adapun beberapa kandungan susu formula yang sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang bayi adalah :

Zat Besi

Kandungan pertama yang dibutuhkan oleh bayi adalah zat besi. Dimana, zat besi ini sangat dibutuhkan oleh bayi /anak terutama yang sudah berusia lebih dari 6 tahun. Karena pada saat itu, cadangan zat bsi dalam tubuh bayi sudah mulai berkurang terutama pada bayi yang tidak diberikan ASI. Kandungan zat besi ini selain untuk menunjang pertumbuhan pada bayi, namun juga sangat berguna untuk mencegah anak dari anemia. 

Probiotik dan Prebiotik

Pada beberapa produk susu formula memiliki kandungan probiotok dan prebiotik, yakni bakteri yang baik untuk usus anak/bayi. Selain itu, probiotik dan prebiotik ini juga bisa memberikan bakteri yang sama baiknya dengan bakteri yang ada pada bayi yang diberi ASI.

DHA dan ARA

Kandungan berikutnya yang dibutuhkan oleh bayi adalah DHA dan ARA. Kedianya merupakan asam lemak omega-3 yang juga bisa ditemukan dalam ASI dan makanan tertentu, seperti telur dan ikan. Bahkan ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa asam arakhidonat (ARA) dan dokosaheksanoat (DHA) dalam susu formula juga bisa membantu perkembangan otak dan penglihatan bayi/anak.

Saat ini sudah banyak susu formula yang beredar di pasaran dengan harga yang bervariasi. Mulai dari harga susu bayi yang murah hingga yang cukup mahal. Berkualitasnya sebuah produk susu formula bukan berdasarkan kepada merk atau harganya yang mahal, tetapi lebih kepada kandungan yang ada didalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *